Tentang STAI Al-Fatah

Berita dan Kegiatan

KPI

PAI

» » » » STAI Al-Fatah Jajaki Kerjasama dengan Kantor Berita ANTARA

Pemred ANTARA, Aat Surya Safaat ANTARA (kiri) dan Ketua STAI Al-Fatah Bogor (kanan) dalam pertemuan di Kantor Redaksi ANTARA Jakarta Pusat, Kamis (2/2/2017). (Foto: Afta/MINA)
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah Cileungsi, Bogor, menjajaki kemungkinan kerjasama dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA.

Hal itu dibicarakan dalam pertemuan Ketua STAI Al-Fatah Wahyu Iwa Sumantri dengan Direktur Pemberitaan ANTARA Aat Surya Safaat di Wisma ANTARA Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (2/2/2017).

“Kerjasama ini dalam bidang pendidikan, pelatihan dan pengabdian masyarakat, guna meningkatkan kualitas mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam di kampus kami,” ujar Wahyu kepada MINA.

Ia menambahkan, kampus yang didirikan tahun 2000 oleh almarhum H.M. Hamidy, yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Lembaga (Seklem) ANTARA, bertujuan menyiapkan kader-kader dai internasional berbasis bahasa Arab dan Inggris yang memiliki semangat juang dakwah melalui media berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah.

Sehingga lulusaannya diharapkan dapat berkiprah di masyarakat khususnya media untuk menyebarkan nilai-nilai Islami, lanjutnya.

Untuk itu, imbuhnya, pihaknya menargetkan lulusannya di samping memiliki kemampuan jurnalistik, dibuktikan dengan kliping karya-karya jurnalistik yang pernah dikerjakannya, paling tidak 100 karya,

Dalam kaitannya dengan kerjasama tersebut, ia akan menyiapkan calon-calon lulusannya untuk dapat melakukan magang di ANTARA, baik di pusat maupun biro-biro di dalam dan luar negeri.

“Khusus yang akan magang di luar negeri, kita akan siapkan mahasiswa terbaik, yang memiliki kemampuan jurnalistik, basic bahasa Arab dan Inggris serta hafidz Al-Quran,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pemberitaan ANTARA Aat Surya Safaat mengatakan, salah satu persyaratan wartawan adalah memiliki daya militansi tinggi, di samping kemampuan jurnalistik dan penguasaan bahasa internasional.

“Apalagi jika itu adalah wartawan Muslim, yang tentu akan membawa nilai-nilai Islam, ada ghirah (semangat) perjuangan,” lanjut Aat.

STAI Al-Fatah merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta Islam yang berdiri sejak 2 Maret 2000, beralamat di Jalan Pesantren Al-Fatah Pasirangin, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Dengan visi menjadi lembaga perguruan tinggi yang melaksanakan pengkajian dan penerapan Al-Qur’an dan berbagai disiplin ilmu, STAI Al-Fatah memulai kegiatan dengan kuliah umum pada 27 Agustus lalu, yang disampaikan oleh Pemred ANTARA, Aat Surya Syafaat.

Pada kuliah umum bertema ‘Tantangan dan Peluang Jurnalis Muslim di Era Media Digital’ tersebut, Aat menyampaikan pentingnya wartawan Muslim memiliki sifat-sifat kenabian, yakni shidiq, amanah,  tabligh dan fathonah.

Berita dari Mirajnews.com
«
Next
Ini Berita Terkini.
»
Previous
Posting Lama

Tentang Penulis STAI Al-Fatah

Menjadi lembaga perguruan tinggi pengkajian dan penerapan Al-Qur’an dan berbagai disiplin ilmu

Foto

Audio

Audio

video

Cat-5

Cat-6